Apakah Bronkitis Menular ? –  Sebelum mengetahui apakah bronkitis menular, Anda harus mengenal 2 jenis bronkitis. Sebab, tidak semua jenis bronkitis dapat menular. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 2 jenis bronkitis.

Bronkitis kronis

Bronkitis kronis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan lapisan saluran udara bronkial. Biasanya, bronkitis kronis disebabkan oleh kebiasaan merokok atau paparan zat berbahaya lainnya. Bronkitis kronis tidak menular, jadi Anda tidak perlu takut tertular oleh penderitanya.

Itulah sebabnya, mengenal gejala bronkitis kronis sangatlah penting, supaya Anda bisa membedakan bronkitis kronis dan akut.

Bronkitis akut

Apakah bronkitis bisa menular? Jawabannya ada pada jenis bronkitis yang satu ini. Sama seperti bronkitis kronis, bronkitis akut juga menyebabkan peradangan pada saluran udara bronkial, tapi dalam jangka waktu yang lebih pendek. Biasanya, bronkitis akut disebabkan oleh virus. Itulah sebabnya bronkitis akut dapat menular.

Umumnya, infeksi pada bronkitis akut berlangsung selama 10 hari. Namun setelah gejala-gejalanya hilang, penderita penyakit ini bisa mengalami batuk-batuk selama beberapa minggu.

Terdapat ratusan virus penyebab bronkitis akut, termasuk virus yang biasanya mengakibatkan flu dan pilek. Dalam kasus yang langka, bronkitis akut juga dapat disebabkan oleh bakteri.

Berbeda dari bronkitis kronis, penderita bronkitis akut biasanya akan menunjukkan gejala seperti nyeri badan, demam, sesak, batuk dengan lendir berwarna bening, hijau, hingga kuning.

“Apakah bronkitis menular,” akhirnya terjawab. Kini Anda sudah memahami bahwa bronkitis akut lah yang dapat ditularkan dari penderitanya kepada orang lain.

Bagaimana proses penularan bronkitis akut?

Penularan bronkitis akut sama seperti penularan virus flu, yaitu melalui droplet (partikel air kecil, seperti hujan rintik) dari bersin-bersin, menyisih hidung, batuk-batuk. Penyakit bronkitis yang disebabkan virus dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang baik, hanya kadang-kadang bronkitis dapat menimbulkan komplikasi seperti radang paru (pneumonia) yang membutuhkan antibiotik.

Masa inkubasi dan gejala bronkitis akut

Bronkitis akut juga memiliki masa inkubasi, yakni sekitar 4-6 hari hingga gejalanya datang. Beberapa jam sebelum gejala bronkitis akut menyerang, tubuh akan merasa kelelahan, sakit kepala datang, hidung mampet, dan nyeri tenggorokan.

Kenali juga gejala bronkitis akut secara lengkap ini:

  • Batuk
  • Sulit bernapas
  • Nyeri dada
  • Rasa tidak nyaman di dada
  • Lendir berwarna bening, kuning, dan hijau
  • Merasa lelah
  • Demam
  • Panas dingin

Umumnya, gejala-gejala bronkitis akut di atas akan hilang setelah 1-2 minggu. Namun, penderitanya akan tetap batuk-batuk selama beberapa minggu.

Jika Anda mengalami gejala bronkitis akut, cucilah  tangan secara teratur dan usahakan tangan tidak menyentuh mata, hidung, mulut. Usahakan tidak dekat-dekat dengan orang sekitar saat sedang terkena, terutama yang memiliki daya tahan tubuh lemah, yaitu anak dan lansia. Konsumsilah air putih yang cukup serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, hindari merokok dan asap rokok serta polusi.

Nah, sekarang juga ada herbal alami untuk bronkitis yaitu Bronkas. Bronkas adalah kapsul herbal alami yang aman karena murni dari herbal pilihan dan sudah terdaftar di BPOM. Untuk anda yang mengalami keluhan bronkitis dan ingin menjaga daya tahan tubuh bias mengkonsumsi Bronkas. Mencegah lebih baik daripada mengobati.