5 Khasiat Dibalik Kunir Putih untuk Kesehatan – Memiliki nama ilmiah Kaemferia Rotunda L, kunir putih adalah jenis tanaman rempah yang hampir semua bagiannya, seperti akar, minyak, dan daunnya, dapat digunakan untuk obat. Tanaman yang banyak ditemukan di daratan Indonesia dan India ini juga telah banyak dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Kaempferia rotunda L merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), seperti umumnya sebagian besar tumbuhan suku Zingiberaceae rimpangnya merupakan salah satu campuran dari ramuan obat tradisional khususnya di Jawa. Rimpang dari Kaempferia rotunda ini biasa digunakan dengan campuran rimpang jahe, lada dan gula jawa untuk mengobati beberapa penyakit antara lain sakit perut, gondongan, obat luka, gangguan tenggorokan, dan muntah-muntah. Tumbuhan ini berkhasiat sebagai obat yang diminum ataupun obat luar. Pemanfaatan rimpang tumbuhan ini sebagai obat, pernah dilaporkan dimanfaatkan oleh orang Austria, Denmark, Prancis, Spanyol, Swedia dan Venezuela (Quisumbing, 1951). Selain berkhasiat obat, rimpang K. rotunda ini dapat pula digunakan sebagai bahan kosmetika dan daunnya dapat pula digunakan sebagai obat balur serta sebagai bahan penyedap masakan. K. rotunda mempunyai umbi yang terletak di ujung-ujung rimpangnya, umbi-umbi ini diduga dapat digunakan sebagai obat penenang.

Berikut 5 khasiat dibalik kunir putih untuk kesehatan tubuh, yang perlu diketahui:

1. Obat Alergi Alami

Senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunir putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti mengatasi gejala alergi pada kulit. Sebagai obat antialergi, kunir putih bekerja layaknya antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba dan Antijamur

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunir putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunir putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E. Coli, bakteri penyebab berbagai gangguan pencernaan, dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Baca Juga : Waspadai Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Kunir putih untuk kesehatan mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunir putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

3. Mencegah Kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunir putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunir putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari ribuan tahun yang dilewati kunir putih dalam dunia pengobatan tradisional, keampuhannya dalam mengatasi masalah pencernaan mestinya sudah tidak diragukan lagi. Minyak esensial dari kunir putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunir putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung. Jangan ragu untuk konsultasikan kesehatanmu pada konsultan ahli kita, sekarang juga jika kamu memiliki gangguan kesehatan pada bagian tukak lambung!

5. Meringankan Rasa Sakit

Kunir putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Hal ini disebabkan kunir putih mengandung sifat analgesik.