Apa itu Batu Ginjal?

Batu ginjal merupakan sebuah kondisi terbentuknya material keras yang serupa dengan batu di dalam ginjal. Material tersebut bisa berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal. Pemicu endapan batu di dalam ginjal bisa karena faktor makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari.

Berdasarkan jenis-jenis batu ginjal, kondisi ini dapat dibagi menjadi empat jenis utama, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Batu ginjal dengan ukuran kecil biasanya tidak akan dirasakan keluhannya oleh penderitanya, terutama ketika masih berada di dalam ginjal dan biasanya juga batu tersebut tidak akan bermasalah karena mudah keluar melalui ureter. Ureter adalah saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Gejala akibat batu ginjal baru bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding uterer sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka. Oleh sebab itu, urin kadang bisa mengandung darah. Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam ureter sehingga urin tidak bisa keluar dan menumpuk di ginjal, sehingga enjadikan kinerja ginjal bermasalah.

Herbal untuk Ginjal

Banyak sekali herbal yang bisa diandalkan untuk membantu mengatasi masalah batu ginjal.

Salah satunya tanaman Tempuyung. Tempuyung lebih dikenal di Cina dengan nama Niu She tou  yang memilki efek diuretik (memperlancar kencing), meluruhkan air seni yang membantu dalam mengeluarkan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Sifat diuretiknya sangat membantu melarutkan batu ginjal serta mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh.

Tempuyung  dikenal memiliki kandungan flavonoid, oc-laktuserol, P-laktuserol, manitol. Inositol, ion-ion mineral(silika, kalium, natrium) dan kandungan bermanfaat lainya. Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam tempuyung akan berikatan dengan kalsium dari batu ginjal dan membentuk senyawa kompleks kelat yang mudah larut. Sementara ion natrium dan kalium  bekerja menjaga keseimbangan elektrolit pada ginjal. Ion ion ini akan berikatan dengan asam urat membentuk senyawa garam yang mudah lart dalam air. Dengan cara inilah, materi kristal yang sudah terbentuk di dalam pembuluh darah dan ginjal akan ikut larut dan didorong oleh ion kaliun dalam pelepasan urin dari dalam tubuh. Dengan mekanisme inilah kelebihan asam urat tubuh dan endapan batu diginjal dikeluarkan.

Selain itu herbal lain yang bermanfaat untuk mengatasi keluhan batu ginjal adalah Segunggu atau yang sering kita sebut dengan srigunggu. Secara empiris, srigunggu berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal, malaria, cacingan, rematik, bronkitis dan batuk. Semua bagian tanaman ini sangat bermanfaat untuk meluruhkan dan menghancurlkan batu ginjal dan mendorong pengeluaran air seni.

Khasiat GINGIN

Perpaduan komposisi tempuyung dan srigunggu dalam tiap kapsul ekstrak GINGIN mengahadirkan khasiat utama, yaitu meluruhkan batu oksalat ginjal dan saluran kemih dan mendorong pengeluaran air seni.  Dengan formulasi alami dan pengolahan yang sesuai dengan standar CPOTB serta di dukung dengan ijin edar resmi dari BP POM RI menjadikan obat herbal GINGIN sangat aman dikonsumsi dan sangat tepat untuk membantu anda dalam menghadapi keluhan penyakit batu ginjal Anda.

 

Untuk seputar penggunaan produk dan keluhan penyakit, silakan menghubungi Konsultasi Ahli Produk Griya Herba, Bp. Ahmad W. Ssi, BA di 081226896154 (Telp, sms, wa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *